Minggu, 27 November 2016

Cara Membuat Toko Online Gratis Selamanya

Cara membuat toko online gratis selamanya apa bisa? Bisa ko. Anda tidak perlu membayar biaya apa pun. Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan membuat website gratis. Anda bisa membuat toko online dengan mudah menggunakan layanan tersebut. Anda tidak akan pernah membayar sepeser pun. Free forever! Anda tinggal membuat dan mengelola website Anda tanpa perlu khawatir akan datang tagihan pembayaran apa pun.

Cara Membuat Toko Online Gratis Selamanya

Berbeda sekali jika Anda membuat web toko online dengan domain TLD. Seperti .com, .biz, .co.id, .my, .id dan domain TLD lainnya. Anda harus membayar sewa domain setiap tahun. Murah sih sebetulnya. Untuk .com saja paling mahal Rp 150.000 per tahun. Tapi mungkin Anda punya pertimbangan lain dan tetep keukeuh milih yang gratis. Mau beli domain KLIK DI SINI.

Biaya di atas belum termasuk bayar hosting. Apa itu hosting? Hosting adalah tempat menyimpan. Ibarat toko ril di pinggir jalan, hosting adalah tempat, lahan atau bangunan untuk menyimpan dagangan Anda. Tulisan dan gambar blog dan artikel saya yang Anda baca kali ini disimpan pada hosting Google. Artinya saya numpang titip file tulisan artikel berikut gambarnya di server komputer milik Google. Tapi saya gak bayar. Sebab hosting blogspot milik Google ini GRATIS SELAMANYA.

Kalau Anda pakai hosting sebuah perusahaan maka Anda harus bayar. Besarannya tergantung paket hosting yang Anda pilih. Silakan Anda lihat contoh daftar harga sewa hosting KLIK DI SINI. Mahal? Tergantung. Kalau menurut saya lebih mahal sewa ruko di kota Anda dengan cakupan yang sangat terbatas. Sebesar apa pun biaya sewa hosting akan menjadi lebih murah sebab daya jangkau yang mendunia. Toko online Anda bisa diakses oleh semua manusia di bumi.

Masih mau yang gratis? Ok deh, ini caranya...

Cara Membuat Toko Online Gratis Selamanya


Kalau Anda tetap mau bikin website toko online yang gratis tanpa bayar selamanya sangat mudah. Kebutuhan Anda dicium banyak perusahaan besar. Seperti Google yang menggratiskan fasilitas Blogspot, Youtube, dan Gmail. Berikut beberapa cara membuat toko online yang gratis :

1. Buatlah Blog di Blogspot
Nama domainnya tentu berbentuk ini subdomain: tokoonlineanda.blogspot.com. Cara membuatnya gampang. Anda masuk akun Google Anda dengan cara buka email Google Anda. Terus ketik di browser www.Blogger.com. Kemudian cari menu "Blog Baru". Daftarkan nama subdomain Anda.

Ko bentuknya subdomain? Apa bisa Anda buat domain .com? Bisa. Anda beli domain .com dulu. Kemudian arahkan domain Anda ke hosting Blogspot Anda. Anda hanya harus bayar domain .com tanpa harus bayar hosting.

Banyak ko blog besar dan toko online besar yang pake hosting Blogspot.

2. Buatlah Blog di Wordpress
Buatlah akun di Wordpress.com. Lalu daftarkan nama toko online Anda ke Wordpress. Nanti alamat toko online Anda juga berbentuk subdomain, yaitu tokoonlineanda.wordpress.com. Buat blog toko online di Wordpress gak sampe 5 menit. Anda sudah bisa gelar dagangan langsung saat itu juga. Upload foto dan artikel berisi deskripsi produk secara rutin. Jangan lupa untuk mencantumkan No HP dan alamat Anda di gambar produk dan artikel Anda.

Untuk membuat toko online Anda bisa memiliki berbagai tutorial dan panduan berikut ini :
3. Buat Toko Online di Youtube
Youtube bisa ko buat jualan online. Anda bikin sebuah video presentasi produk. Cantumkan gambar produk, no HP dan alamat Anda. Jangan sepelekan Youtube. Pengguna Youtube terus membengkak jumlahnya lho. Dannn Anda boleh upload sebanyak-banyaknya video tanpa bayar alias GRATIS SELAMANYA.

Untuk membuat video presentasi sudah banyak software dan aplikasi yang bisa Anda gunakan. Contohnya Microsoft Powert Point dan Windows Movie Maker yang gampang cara menggunakannya. Di Android juga udah banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuat video slide.

Untuk membuat video presentasi dan video marketing Anda bisa pelajari tutorialnya pada artikel berikut :

4. Buat Toko Online di Instagram
Yang ini gak perlu dibahas banyak kan?Anda juga sudah tahu banyak orang yang pake Instagram untuk jualan online. Yang perlu Anda tahu adalah berikut ini :
Selain beberapa layanan terkenal di atas Anda juga bisa membuat toko online dengan membuat fanpage di Facebook, membuat blog di detik.com, Github dan Shopify Indonesia. Semua fasilitas yang Anda butuhkan sudah ada. Tinggal Anda punya kemauan yang keras.

Mau yang gratis atau yang bayar, dua-duanya tetap membutuhkan kerja keras untuk unggul di tengah-tengah persaingan. Ok segitu sharing dari saya. Terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon